KEGIATAN LOKAKARYA I PENDIDIKAN CALON GURU PENGGERAK Kab. Tabalong
PGP atau Pendidikan Guru Penggerak merupakan kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila yang dimaksud adalah peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebinekaan tunggal, bernalar kritis, dan mandiri.
PGP didesain untuk mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan dengan menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning selama 9 (sembilan) bulan. Kegiatan PGP dilaksanakan menggunakan metode pelatihan dalam jaringan (daring), lokakarya, dan pendampingan individu. Proporsi kegiatan terdiri atas 70% belajar di tempat bekerja (on-the-job training), 20% belajar bersama rekan sejawat, dan 10% belajar bersama narasumber, fasilitator, dan pendamping.
Calon Guru Penggerak menjalankan proses pendidikan selama 9 bulan yang terdiri pembelajaran daring dan pendampingan. Pembelajaran daring berlangsung selama 6 bulan dengan 3 paket modul yang wajib dipelajari oleh Calon Guru Penggerak. Pendampingan terdiri dari lokakarya dan pendampingan individu yang akan dilaksanakan setiap bulan selama 9 bulan.
Diselenggarakannya lokakarya I adalah memperoleh rumusan tertulis tentang Identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak, Evaluasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan Rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak
A. TUJUAN KEGIATAN
Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada CGP tentang mengenal kompetensi guru penggerak dan Model kompetensi kepemimpinan sekolah sebagai landasan pengembangan diri Calon Guru Penggerak. Beberapa tujuan khusus yang dicapai dalam lokakarya ini antara lain sebagai berikut.
1. Calon Guru Penggerak mampu memahami pentingnya mengembangkan diri
2. Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan penerapan kompetensi Guru Penggerak dalam menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran
3. Calon Guru Penggerak mampu mengidentifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
4. Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan rencana pengembangan diri
B. RUANG LINGKUP KEGIATAN
Kegiatan lokakarya I ini difokuskan secara kontekstual pada kompetensi calon guru penggerak, posisi diri calon guru penggerak dan rencana evaluasi diri serta rencana pengembangan diri calon guru penggerak
C. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 14 November 2020. Tempat kegiatan di Jelita Tanjung Hotel JL. P.M. Noor No.IA, Pembataan, Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.
D. PENDAMPING
Ada 3 pendamping kegiatan lokakarya ini, yaitu sebagai berikut.
1. Kasno
2. Fathul Jannah
3. Roma Nugroho Siswa Hindayati Putra
E. SUSUNAN KEGIATAN
Berikut adalah susunan kegiatan lokakarya I.
|
AKTIVITAS |
DURASI |
1 |
Ice Breaking & Perkenalan pendamping |
09.00 – 09.30 |
2 |
Penyampaian Tujuan dan Pembuatan kesepakatan belajar |
09.30 – 09.40 |
3 |
Pentingnya pengembangan diri |
09.40 – 10.10 |
4 |
Diskusi Kelompok |
10.10 – 10.45 |
5 |
Presentasi kelompok |
10.45 – 11.30 |
6 |
Kompetensi Checklist |
11.30 – 12.00 |
7 |
Istirahat Siang |
12.00 – 13.00 |
8 |
Energizer |
13.00 – 13.10 |
9 |
Evaluasi Diri |
13.10 – 13.35 |
10 |
Pembuatan rencana pengembangan kompetensi |
13.35 – 13.55 |
11 |
Sharing hasil pembuatan rencana |
13.55 – 14. 30 |
12 |
Pengisian Lembar Evaluasi |
14.30 – 14.40 |
13 |
Refleksi hasil belajar & Penugasan |
14.40 – 14.50 |
14 |
Penutupan dan foto Bersama |
14.50 – 15.00 |
F. HASIL KEGIATAN
Kegiatan lokakarya ini menghasilkan :
1. Calon Guru Penggerak mengenal kompetensi dalam dirinya sendiri
2. Calon Guru penggerak mengenal 4 kompetensi sebagai guru penggerak
3. Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi evaluasi posisi diri berdasarkan kompetensi guru penggerak
4. Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi rencana pengembangan diri calon guru penggerak
Tabel Hasil Lokakarya I
No. |
kegiatan |
Deskripsi |
Keterangan |
1 |
Pembukaan |
Pembukaan dilakukan di ball room hotel jelita tanjung dibuka oleh pendamping kemudian CGP dibagi menjadi 2 grup |
Tidak semua peserta hadir karena ada 4 yang dinyatakan reaktif Covid 19 dan 1 izin suaminya meninggal |
2 |
Perkenalan, tujuan dan keepakatan |
Perkenalan CGP dan pendamping, penyampaian tujuan oleh pendamping serta pembuatan kesepakatan |
|
3 |
Pengembangan diri
|
Pada pengembangan diri CGP diminta menuliskan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak dan mengenal kompetensi yang sudah dimiliki oleh CGP ditulis dalam post it dan di tempel kemudian di bacakan oleh pendamping |
|
4 |
Pengenalan kompetensi guru penggerak
|
Pada pengenalan kompetensi guru penggerak pendamping CGP dibagi menjadi 4 kelompok dimana 1 kelompok terdiri dari 3 CGP. Kemudian pendamping membagikan lembar bahan materi 4 kompetensi yaitu kompetensi mengembangkan diri dan orang lain, memimpin belajar mengajar, memimpin pengembangan sekolah dan memimpin manajemen sekolah. CGP diminta mendiskusikan dan mempresentasikan indikator kompetensi yang sudah dimiliki serta memberikan contoh dalam pembelajaran |
|
5 |
Posisi diri berdasar kompetensi guru penggerak
|
Disini pendamping mengembalikan posisi seperti awal dan tidak berkelompok, kemudian pendamping memberikan lembar posisi diri berdasarkan kompetensi guru penggerak dan diminta CGP untuk mengisi sejujur jujurnya kompetensi yang sudah dan belum dimilikinya |
|
6 |
Istirahat
|
Para peserta beristirahat selama 1 jam untuk ISHOMA |
|
7 |
Posisi diri
|
Pada sesi ini pendamping memberikan ice breaking sebelum memulai lokakarya, kemudian pendamping memberikan lembar evaluasi diri berdasarkan kompetensi yang dimiliki untuk diisi oleh CGP |
|
8 |
Rencana pengembangan diri
|
Setelah menyelesaikan lembar evaluasi diri pendamping meminta CGP untuk membuat rencana pengembangan diri berdasar dari kompetensi yang masih kurang atau belum dimiliki saat mengisi lembar evaluasi diri. Kemudian setiap CGP mempresentasikan di depan |
|
9 |
Refleksi peserta
|
Pendamping menyimpulkan hasil lokakarya I dan melakukan refleksi pembelajaran sert memberikan gambaran agar CGP lebih paham |
|
12 |
Penutupan
|
Pendamping mengajar CGP dan kepala sekolah untuk berdoa, menutup lokakarya dan berfoto |
|
G. PENUTUPAN
Komentar
Jadilah yang pertama berkomentar di sini