BERITA

Detail Berita

KEGIATAN LOKAKARYA II PENDIDIKAN CALON GURU PENGGERAK

Selasa, 16 Agustus 2022 22:54 WIB
479 |   -

 Di akhir bulan ke-2 kegiatan Pendidikan Guru Penggerak, Peserta akan melaksanakan kegiatan Lokakarya 1. Pada kegiatan Lokakarya ini pendamping  akan melihat sejauh mana pemahaman materi filosofi komunitas, prinsip pengembangan komunitas, tahapan menggerakan komunitas, dan rencana pembuatan komunitas di sekolah.

 

 

 

 

Produk yang dihasilkan

 

 

  1. Pemetaan aplikasi komunitas praktisi di sekolah masing-masing (manfaat, tantangan, peluang, cara)
  2. Pemetaan kelebihan dan kelemahan diri dalam menjalankan perannya sebagai guru penggerak untuk membuat komunitas praktisi
  3. Rencana menggerakan komunitas praktisi tahap merintis di sekolah masing-masing
 

Tujuan Belajar

 

 

  1. Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan manfaat berbagi dari diskusi komunitas praktisi
  2. Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi manfaat komunitas praktisi bagi sekolah masing-masing
  3. Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi tantangan dan peluang membuat komunitas praktisi
  4. Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan peranan guru penggerak dalam membuat komunitas praktisi
  5. Calon Guru Penggerak dapat menganalisa diri dalam menjalankan perannya sebagai guru penggerak untuk membuat komunitas praktisi
  6. Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan tahapan menggerakan komunitas praktisi

Indikator Keberhasilan

 

 

 

 

  1. Calon Guru Penggerak dapat memetakan manfaat komunitas praktisi di sekolahnya masing-masing
  2. Calon Guru Penggerak dapat memetakan tantangan dan peluang membuat komunitas praktisi di sekolah
  3. Calon Guru Penggerak dapat memetakan kelebihan dan kelemahan dirinya dalam menjalankan perannya sebagai guru penggerak untuk membuat komunitas praktisi
  4. Calon Guru Penggerak dapat merumuskan rencana pembuatan komunitas praktisi tahapan merintis di sekolah masing-masing

Agenda

 

 

  1. Mengalami diskusi komunitas praktisi
  2. Meneropong aplikasi komunitas praktisi
  3. Mengenal peran guru penggerak dalam membuat komunitas praktisi
  4. Menggerakkan komunitas praktisi
 
 
 

Rangkuman Sesi

 

 

Tabel Hasil Lokakarya II

NO.

KEGIATAN

DESKRIPSI

KETERANGAN

1

Pembukaan

Pembukaan dilakukan di ball room hotel jelita tanjung dibuka oleh pendamping kemudian CGP dibagi menjadi 3 grup

Tidak semua peserta hadir karena ada 1 yang dinyatakan reaktif Covid 19

2

Perkenalan, tujuan dan keepakatan

Perkenalan CGP dan pendamping, penyampaian tujuan oleh pendamping serta pembuatan kesepakatan

 

3

Diskusi Komunitas Praktisi

 

Pada diskusi komunitas praktisi CGP diminta menuliskan tantangan yang dialami selama kurang lebih 2 bulan melakukan aksi nyata disekolahnya yang dibagai menjadi 3 kategori yaitu sekolah, siswa dan pembelajaran dalam post it dan ditempel serta  meminta perwakilan untuk membacakannya. Kemudian CGP dibagi menjadi 3 kelompok serta setiap kelompok diminta untuk mencari solusi dari setiap permasalahan atau tantangan dan mempresentasikannya

 

4

Manfaat dan materi komunitas praktisi

 

Pada manfaat dan materi komunitas praktisi CGp diajak berdiskusi tentang manfaat komunitas praktisi dan pendamping menyampaikan sekilas tentang materi komunitas praktisi

 

5

Penerapan komunitas praktisi di sekolah

 

pendamping memberi lembar kerja dan diminta CGP untuk mengisi berdasar dari buku pedoman komunitas praktisi yang diberikan serta meminta perwakilan CGP untuk membacakannya

 

6

Istirahat

 

Para peserta beristirahat selama 1 jam untuk ISHOMA

 

7

Peran guru penggerak dalam membuat komunitas praktisi

Pada sesi ini pendamping memberikan ice breaking sebelum memulai lokakarya, kemudian pendamping membagi  CGP 3 kelompok memberikan lembar kerja dan meminta CGP melakukan analisis peran guru dalam membuat komunitas praktisi serta mempresentasikannya

 

8

Tahapan pembuatan dan pelaksanaan komunitas praktisi di sekolah

CGP dibagi 3 kelompok dan setiap kelompok diminta untuk melakukan wisata belajar untuk melihat tahapan pelaksanaan komunitas praktisi di sekolah yang tertempel di dinding, kemudian membuat rangkuman dalam setiap tahapan dan dipresentasikan.

Pendamping memberi setiap CGP LK  rencana pembuatan komunitas praktisi di sekolahnya masing masing dan meminta perwakilan untuk mempresentasikannya

 

9

Refleksi peserta dan penugasan Lokakarya 3

 

Pendamping menyimpulkan hasil lokakarya II dan melakukan refleksi pembelajaran serta memberikan penugasan Lk 3 yang akan dibawa untuk lokakarya 3.

 

12

Penutupan

 

Pendamping mengajar CGP dan kepala sekolah untuk berdoa, menutup lokakarya dan berfoto

 

 

 

 

 
 
 

Komentar

×
Berhasil membuat Komentar
×
Komentar anda masih dalam tahap moderator
1000
Karakter tersisa
Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar di sini